Software ERP

Posted: November 15, 2013 in Uncategorized
Aplikasi Software ERP Indonesia sangatlah penting, karena tidak mudah bagi sebuah perusahaan baik retail, distribusi maupun manufaktur untuk dapat mengkoordinasikan semua sumber daya, informasi, serta aktivitas guna mencapai efektivitas dan efisiensi bisnis mengingat begitu banyak komponen yang mempengaruhi suatu pelaporan ini. Sehingga jika sebuah perusahaan masih menggunakan database dalam bentuk manual, tentu saja akan ribet dan memakan waktu serta tempat. Oleh karena itulah diperlukan sebuah software yang mampu mengolah dan mengintegrasikan setiap informasi dari sub bagian perusahaan sehingga dapat diakses dan digunakan untuk pengambilan keputusan oleh sub bagian lainnya.

Cara Kerja Sistem ERP
Bagian utama dari sistem ERP (Enterprise Resource Planning) adalah database dan perangkat lunak yang berupa modul-modul. Dalam setiap modul terdapat fungsi yang khusus seperti menginput data, melihat data, mengedit data, ataupun menghapus data. Dan tentu saja otoritas ini dimiliki oleh masing-masing sub bagian perusahaan sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing. Sebagai contoh adalah sub bagian keuangan, maka bagian ini dapat menginput, melihat, mengedit, serta menghapus data keuangan tertentu namun otoritas ini tidak dimiliki oleh bagian HRD yang hanya bisa melihat data itu saja. Demikian juga sebaliknya otoritas bagian HRD terhadap masalah kepegawaian tentu saja lebih besar daripada bagian keuangan.
Oleh karena itulah, Software ERP Indonesia begitu dibutuhkan karena berfungsi untuk mengintegrasikan berbagai macam informasi tersebut, sehingga database dapat digunakan oleh masing-masing bagian sebagaimana semestinya berdasarkan otoritas dan kepentingannya. Dengan Software ERP, maka fungsi database dapat berjalan dan diakses dengan baik oleh semua pihak yang memerlukannya.
Bagian-Bagian Perusahaan Terintegrasi ERP
Bagian apa saja yang biasanya terintegrasi dan data-datanya diolah oleh Softare ERP? Berikut ini adalah empat bagian pokok perusahaan yang biasanya terintegrasi ERP:

  1. Departemen Penjualan : Departemen penjualan menginput berbagai macam hasil penjualan yang telah diperoleh dalam tempo tertentu seperti harian, mingguan, atau bulanan tergantung kebijakan perusahaan. Di samping itu, bagian ini juga bisa melihat informasi yang diinput oleh bagian keuangan, misalnya mengenai perubahan harga produk, target penjualan, dan lain-lain.
  2. Departemen HRD (Human Resource Development) :  Departemen ini bertugas untuk menginput data yang berkaitan dengan kepegawaian seperti status pegawai, masa pensiun pegawai, informasi pelatihan pegawai, dan lainnya.
  3. Departemen Produksi : Departemen ini menginput data atau informasi yang berkaitan dengan jumlah produksi per hari, inventarisasi mesin produksi, kerusakan mesin produksi, dan lainnya yang berkaitan dengan aktivitas dan proses produksi.
  4. Departemen Keuangan : Departemen keuangan merupakan salah satu departemen terpenting dalam perusahaan, karena hampir semua sektor berkaitan dengan uang seperti perbaikan alat produksi, biaya pelatihan karyawan/pegawai, biaya penjualan seperti biaya kirim atau transportasi pengiriman, dan lainnya.

Itulah empat bagian yang biasanya ada dalam sebuah perusahaan retail, manufaktur, maupun distribusi yang keempat bagian itu tentu saja memiliki informasi yag dapat diarsipkan dalam sebuah komputer atau istilah lainnya adalah database. Kemudian database itu dapat diakses oleh pihak-pihak yang saling berkaitan sehingga inilah yang kemudian disebut sebagai fungsi dari sebuah software erp yaitu INTEGRASI.
Altius – Software ERP Indonesia
Sebuah software tentu saja harus dapat digunakan dengan baik oleh penggunanya sehingga tujuan penggunaan software itu dapat tercapai, dan semakin canggih software erp tersebut dan dapat dikoneksikan dengan berbagai macam sistem informasi yang ada maka semakin unggul pula perangkat lunak tersebut. Dan salah satu Software ERP Indonesia yang sangat cocok digunakan di dalam negeri adalah Altius-ERP yang diproduksi oleh PT. Global Business Solution. Berikut ini fitur-fitur dan fungsi-fungsi yang ada pada Altius-ERP:

  • All Operation Moduls are Fully Integrated to GL, artinya semua modul operasi semuanya terintegrasi ke General Ledger (Buku Besar)
  • Customizable Rules of AutoGenerated Integration GL Journal, artinya aturan dan autogenerated integrasi jurnal buku besar dapat diubah sesuai dengan kondisi yang diinginkan
  • Multi Company Structure (Multi Divisions/Branches/Profit Centers), artinya diaplikasikan ke dalam struktur atau bagian-bagian perusahaan sesuai dengan tingkatn masing-masing
  • Multi Cost Structure, artinya struktur biaya yang beraneka ragam
  • Multi Depo and warehouse management
  • Multi Currency with Auto foreign exchange adjustment, artinya memiliki mata uang yang banyak dan dapat diubah-ubah secara otomatis nilai exchange mata uang.
  • Multi Language ERP, artinya terdiri atas banyak bahasa
  • Consolidate Reporting, pelaporan yang terkonsolidasi
  • Advanced Report and Analitical Tools, pelaporan tingkat tinggi beserta perangkat analisis
  • Customizable Report and Feature Settings, pelaporan yang dapat dicustomize dan setting fitur
  • Compatible to ELSA Online via internet (Highly Secure Business Connection), dapat terhubung dengan internet
  • Customizeable User Security Level and Access, memiliki tingkat pengamanan pengguna dalam berbagai level akses
  • Advanced User Report Generator
  • User Friendly Interface, interface yang memudahkan pengguna
  • Out of the box solution
  • Continuous evolving in New Solution (sistem yang akan berkembang secara terus menerus)
  • Advanced “Direct & Indirect Cost Distribution” Feature (Project Cost Center/Structure Analyst)
  • Easy and Fast Implementation to Go Live

Salah satu dari fitur di atas adalah Multi Language ERP artinya software ini support beberapa macam bahasa sehingga dapat digunakan oleh orang Indonesia maupun orang asing.
Sumber: http://www.powerful2010.com/2012/12/software-erp-indonesia.html#sthash.gBDpbjak.dpuf

Aplikasi Software ERP Indonesia sangatlah penting, karena tidak mudah bagi sebuah perusahaan baik retail, distribusi maupun manufaktur untuk dapat mengkoordinasikan semua sumber daya, informasi, serta aktivitas guna mencapai efektivitas dan efisiensi bisnis mengingat begitu banyak komponen yang mempengaruhi suatu pelaporan ini. Sehingga jika sebuah perusahaan masih menggunakan database dalam bentuk manual, tentu saja akan ribet dan memakan waktu serta tempat. Oleh karena itulah diperlukan sebuah software yang mampu mengolah dan mengintegrasikan setiap informasi dari sub bagian perusahaan sehingga dapat diakses dan digunakan untuk pengambilan keputusan oleh sub bagian lainnya.

Cara Kerja Sistem ERP
Bagian utama dari sistem ERP (Enterprise Resource Planning) adalah database dan perangkat lunak yang berupa modul-modul. Dalam setiap modul terdapat fungsi yang khusus seperti menginput data, melihat data, mengedit data, ataupun menghapus data. Dan tentu saja otoritas ini dimiliki oleh masing-masing sub bagian perusahaan sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing. Sebagai contoh adalah sub bagian keuangan, maka bagian ini dapat menginput, melihat, mengedit, serta menghapus data keuangan tertentu namun otoritas ini tidak dimiliki oleh bagian HRD yang hanya bisa melihat data itu saja. Demikian juga sebaliknya otoritas bagian HRD terhadap masalah kepegawaian tentu saja lebih besar daripada bagian keuangan.
Oleh karena itulah, Software ERP Indonesia begitu dibutuhkan karena berfungsi untuk mengintegrasikan berbagai macam informasi tersebut, sehingga database dapat digunakan oleh masing-masing bagian sebagaimana semestinya berdasarkan otoritas dan kepentingannya. Dengan Software ERP, maka fungsi database dapat berjalan dan diakses dengan baik oleh semua pihak yang memerlukannya.
Bagian-Bagian Perusahaan Terintegrasi ERP
Bagian apa saja yang biasanya terintegrasi dan data-datanya diolah oleh Softare ERP? Berikut ini adalah empat bagian pokok perusahaan yang biasanya terintegrasi ERP:
  1. Departemen Penjualan : Departemen penjualan menginput berbagai macam hasil penjualan yang telah diperoleh dalam tempo tertentu seperti harian, mingguan, atau bulanan tergantung kebijakan perusahaan. Di samping itu, bagian ini juga bisa melihat informasi yang diinput oleh bagian keuangan, misalnya mengenai perubahan harga produk, target penjualan, dan lain-lain.
  2. Departemen HRD (Human Resource Development) :  Departemen ini bertugas untuk menginput data yang berkaitan dengan kepegawaian seperti status pegawai, masa pensiun pegawai, informasi pelatihan pegawai, dan lainnya.
  3. Departemen Produksi : Departemen ini menginput data atau informasi yang berkaitan dengan jumlah produksi per hari, inventarisasi mesin produksi, kerusakan mesin produksi, dan lainnya yang berkaitan dengan aktivitas dan proses produksi.
  4. Departemen Keuangan : Departemen keuangan merupakan salah satu departemen terpenting dalam perusahaan, karena hampir semua sektor berkaitan dengan uang seperti perbaikan alat produksi, biaya pelatihan karyawan/pegawai, biaya penjualan seperti biaya kirim atau transportasi pengiriman, dan lainnya.

Itulah empat bagian yang biasanya ada dalam sebuah perusahaan retail, manufaktur, maupun distribusi yang keempat bagian itu tentu saja memiliki informasi yag dapat diarsipkan dalam sebuah komputer atau istilah lainnya adalah database. Kemudian database itu dapat diakses oleh pihak-pihak yang saling berkaitan sehingga inilah yang kemudian disebut sebagai fungsi dari sebuah software erp yaitu INTEGRASI.
Altius – Software ERP Indonesia
Sebuah software tentu saja harus dapat digunakan dengan baik oleh penggunanya sehingga tujuan penggunaan software itu dapat tercapai, dan semakin canggih software erp tersebut dan dapat dikoneksikan dengan berbagai macam sistem informasi yang ada maka semakin unggul pula perangkat lunak tersebut. Dan salah satu Software ERP Indonesia yang sangat cocok digunakan di dalam negeri adalah Altius-ERP yang diproduksi oleh PT. Global Business Solution. Berikut ini fitur-fitur dan fungsi-fungsi yang ada pada Altius-ERP:

  • All Operation Moduls are Fully Integrated to GL, artinya semua modul operasi semuanya terintegrasi ke General Ledger (Buku Besar)
  • Customizable Rules of AutoGenerated Integration GL Journal, artinya aturan dan autogenerated integrasi jurnal buku besar dapat diubah sesuai dengan kondisi yang diinginkan
  • Multi Company Structure (Multi Divisions/Branches/Profit Centers), artinya diaplikasikan ke dalam struktur atau bagian-bagian perusahaan sesuai dengan tingkatn masing-masing
  • Multi Cost Structure, artinya struktur biaya yang beraneka ragam
  • Multi Depo and warehouse management
  • Multi Currency with Auto foreign exchange adjustment, artinya memiliki mata uang yang banyak dan dapat diubah-ubah secara otomatis nilai exchange mata uang.
  • Multi Language ERP, artinya terdiri atas banyak bahasa
  • Consolidate Reporting, pelaporan yang terkonsolidasi
  • Advanced Report and Analitical Tools, pelaporan tingkat tinggi beserta perangkat analisis
  • Customizable Report and Feature Settings, pelaporan yang dapat dicustomize dan setting fitur
  • Compatible to ELSA Online via internet (Highly Secure Business Connection), dapat terhubung dengan internet
  • Customizeable User Security Level and Access, memiliki tingkat pengamanan pengguna dalam berbagai level akses
  • Advanced User Report Generator
  • User Friendly Interface, interface yang memudahkan pengguna
  • Out of the box solution
  • Continuous evolving in New Solution (sistem yang akan berkembang secara terus menerus)
  • Advanced “Direct & Indirect Cost Distribution” Feature (Project Cost Center/Structure Analyst)
  • Easy and Fast Implementation to Go Live

Salah satu dari fitur di atas adalah Multi Language ERP artinya software ini support beberapa macam bahasa sehingga dapat digunakan oleh orang Indonesia maupun orang asing. Ok, itu saja sekelumit mengenai Software ERP Indonesia semoga bermanfaat. Terima Kasih.
Sumber:  Software ERP Indonesia – See more at: http://www.powerful2010.com/2012/12/software-erp-indonesia.html#sthash.gBDpbjak.dpuf

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s